Hubungi Sentra Digital:

 

Triangle Exposure

Kategori : Photography Articles

 

Oleh Daniel Tjongari


 

triangle exposure


Triangle Exposure adalah DASAR dalam dunia FOTOGRAFI yang wajib kita tahu.


Ada dua kata yang memiliki berjuta makna dalam dunia fotografi yang wajib kita pahami, yaitu TRIANGLE EXPOSURE atau segitiga exposure.

Apakah itu TRIANGLE EXPOSURE ? untuk dapat mengerti dengan jelas akan saya berikan berupa contoh diagram berikut :

exposure triangle 2


Shutter Speed atau biasa disebut dengan kecepatan rana adalah nilai kecepatan terbukanya jendela kamera sehingga cahaya bisa masuk ke dalam sensor kamera. Shutter speed bisa diibaratkan dengan keran air, jika kita membuka keran air dengan lama maka air yang keluar banyak, sebaliknya jika kita membuka keran air dengan cepat maka air yang dikeluarkan tentunya sedikit. Begitulah logika sederhana dari shutter speed ini. Satuan shutter speed adalah detik (s).


Aperture atau biasa disebut juga dengan diafragma adalah bukaan komponen lensa. Aperture ini terbuat dari bilah-bilah lempengan logam yang ditengahnya bisa membuka dengan lebar dan sempit sehingga mempengaruhi intensitas cahaya yang masuk ke dalam lensa sampai ke sensor kamera. Dalam fotografi aperture ini dilambangkan dengan huruf "f" dengan satuannya diameter bilah-bilah logam tersebut.


ISO adalah komponen yang terakhir yang berarti sensitifitas sensor kamera terhadap cahaya. Jadi tiap kamera punya sensitifitas ISO yang berbeda-beda tapi jika ingin hasil foto kalian terlihat bening, usahakan selalu menggunakan ISO yang rendah. Kalo ISO tinggi maka cahaya yang masuk semakin banyak tapi semakin besar resiko terjadinya noise atau bintik-bintik di foto.


Triangle Exposure merupakan sebuah cara untuk mendeskripsikan relasi antara ke Tiga aspek atau elemen dari exposure. Setiap sudut dari gambar segitiga merepresentasikan Satu dari Tiga variabel yaitu, aperture, shutter speed dan ISO. merubah hanya satu dari ketiga elemen tersebut akan membuat foto Anda akan tampak lebih gelap atau terang dan akan merubah tampilan-nya berdasarkan elemen apa yang Anda rubah.


stops-evs-exposure-triangle

Gambar di atas adalah contoh kombinasi menyeimbangkan prinsip kerja dari Aparture, Shutter Speed dan ISO.

Kerja Exposure Triangle adalah otak yang kamera gunakan untuk mendapatkan exposure yang sesuai. Sekarang jika Anda tahu dan mengerti bagaimana cara kerjanya, Anda bisa mengambil alih sendiri serta membuat keputusan pengaturan seperti apa yang Anda inginkan. Apa yang bisa Anda lakukan dan kamera tidak ? Anda bisa memberikan sentuhan kreatifitas pada hasil foto Anda.


triangle diagram 3

 


Lihat Informasi Lainnya...