Hubungi Sentra Digital:

 

Serba-Serbi LENSA SONY

Kategori : Photography Articles

 

Sony_logo.svg

Sony-lenses

Serba-Serbi Lensa SONY


oleh Daniel Tjongari / SONY ALPHA PHOTOGRAPHER

 

SONY akhir-akhir ini makin memposisikan dirinya sebagai leader PHOTOGRAPHY untuk kamera dan lensa-lensanya. Kita sama-sama mengetahui bahwa harga peralatan photography SONY (kamera dan lensa) yang cukup mahal atau berada pada kelas premium, meski juga tetap memiliki kamera dan lensa untuk kelas pemula dan semi-pro.


Kekalahan SONY pada masa dahulu pada awal-awal setelah meng-akuisisi MINOLTA PHOTOGRAPHY DIVISION menjadikan pelajaran bahwa mereka harus lebih inovatif dan berkualitas meski taruhannya adalah harga. Transformasi pada era kamera awal SONY dengansistem A-Mount nya menjadi mirrorless dengan sistem E-Mount membuat SONY harus merubah satu demi satu jajaran lensanya, meski sony telah membuat converter E-Mount to A-Mount Lens Adaptor (LAEA-4) tetap aja SONY harus bekerja keras membuat jajaran lensa-lensa mirrorless nya menjadi lengkap seperti para pesaingnya yang notabene belom berganti mounting.


column1_img01


Selama ini sejak mirrorless seri Alpha 7 menjadi booming jajaran lensa SONY yang terkenal dengan kualitas premiumnya adalah kelas lensa G Master (GM) dan SONY Zeiss ( Z ). Pada kelas lensa menengah SONY tetap mempertahankan lensa G Lens ( G ). Satu demi satu lensa-lensa ini di luncurkan SONY ke pasaran dunia.


Sony-FE-GM-lenses


sony-new-fe-lenses


Sampai hari ini masih banyak orang bertanya dan bingung kenapa hanya SONY yang bisa memiliki logo ZEISS pada lensa-lensa buatan SONY sendiri. Cerita ini bermula dari 20 tahun yang lalu di mana waktu itu SONY adalah leader market electronic dunia dan waktu itu SONY dikenal dengan handsycam nya dan Handycam typeCCD-TR555 (1996) adalah awal kerjasama SONY dan ZEISS. Kerja sama ini berlanjut ketika SONY meluncurkan kamerasaku DSC-F55K Cyber-Shot (1999) dan ketika SONY meluncurkan kamera DSLR A-Mount (2006). Terakhir adalah tahun 2011 dimana SONY meluncurkan Mirrorless E-Mount.


zeiss-partner-sony-ccd-tr555


sony63


Adalah lensa dari Zeiss atau Sony / Zeiss identik ?

Lensa dari dua garis yang berbeda, tetapi dioptimalkan untuk sistem yang sesuai. Karena Zeiss tahu-bagaimana masuk ke dalam setiap lensa, kedua versi yang sangat canggih dari sudut pandang teknis. Perbedaan dapat ditemukan dalam mekanisme fokus: misalnya lensa Sony / Zeiss selalu memiliki autofocus, ZEISS menawarkan campuran lensa autofocus (Zeiss Batis) dan manual fokus lensa (ZEISS Loxia). Untuk lensa sistem kamera dari produsen lain, sedangkan ZEISS bergantung pada fokus manual (ZE, ZF). Lensa memiliki focal length yang sama tetapi berbeda dalam konstruksi internal mereka.


Siapa yang mengembangkan lensa ?

Lensa Zeiss yang dikembangkan secara eksklusif oleh Zeiss. Zeiss juga menentukan fitur dari lensa, seperti panjang fokus mereka dan konstruksi internal sejalan dengan strategi produk perusahaan. Lensa Sony / Zeiss yang dikembangkan bersama oleh Zeiss dan Sony. Zeiss mendukung Sony seluruh desain dan pengembangan proses optik dan kemudian menguji dan menyetujui prototipe. Akhirnya, Zeiss menentukan spesifikasi tes untuk seri produksinya.


Di mana lensa diproduksi ?

Gambar dan design lensa Zeiss diproduksi di Jepang dan Zeiss lensa cine di pabrik Zeiss di Oberkochen / Jerman. Hal ini masih ekonomis untuk ZEISS untuk menghasilkan lensa cine di Jerman karena keterampilan yang lebih canggih yang dibutuhkan untuk memproduksi lensa ini khusus untuk industri film. Dalam rangka untuk memenuhi permintaan global yang jauh lebih tinggi untuk tetap lensa gambar, ZEISS telah membentuk jaringan mitra di industri optik. Selama seluruh proses pengembangan dan produksi, ahli ZEISS memastikan bahwa standar kualitas tinggi yang ZEISS telah terkenal selama lebih dari 165 tahun terpenuhi.


Lensa Sony / Zeiss yang diproduksi oleh Sony di pabrik-pabrik di seluruh Asia. Di pabrik-pabrik ini Sony menggunakan peralatan pengujian lensa yang telah dikembangkan dan diproduksi oleh Zeiss. Contohnya adalah MTF-tester K8, instrumen serbaguna dan kompak digunakan untuk mengukur fungsi transfer modulasi lensa fotografi, atau sistem serupa, pada jarak objek yang tak terbatas.


Apakah kualitas dari ZEISS & SONY/ZEISSidentik ?

Dalam semua kemitraan merek, Zeiss menetapkan standar teknis dan kualitas yang mitra, seperti Sony, harus mematuhi. Zeiss teratur melakukan audit proses produksi lensa Sony / Zeiss di pabrik Sony. Ahli Zeiss memeriksa proses produksi, sistem manajemen dan instalasi pengukuran. Zeiss menyatakan pemasok dan menyediakan semua peralatan yang diperlukan untuk memastikan kualitas produk, termasuk peralatan dari pemasok pihak ketiga.


 


Lihat Informasi Lainnya...