Hubungi Sentra Digital:

 

SONY G MASTER 100mm f/2.8 Smooth Trans Focus (new G Master Lens)

Kategori : Photography Articles

 

SEL100F28GM_A7R_II_image-Large-600x338

SONY G MASTER 100mm f/2.8 Smooth Trans Focus


by Daniel Tjongari / SONY ALPHA PHOTOGRAPHER

SONY kembali memperkenalkan keluarga baru dari lensa premiumG MASTER, lensa ini adalah G MASTER 100mm f/2.8 STF (smooth trans focus) dengan kode lensaFE 100mm F2.8STF GM OSS Telephoto Prime Lens. Sebelum saya mengulas lebih jauh lensa ini telah di perkenalkan ke dunia pada tanggal 7 Februari 2017 di Las Vegas, USA.


STF atau Smooth Trans Focus adalah lensa legendaris yang dimiliki oleh SONY sejak SONY memperkenalkan DSLR-nya (A Mount). Boleh di bilang sampai saat ini sebelum keluar FE 100mm f/2.8 GM OSS lensa STF yang di miliki SONY adalah SAL 135mm f/2.8 T4.5 (A Mount), lensa ini awalnya adalah milik MINOLTASTF 135mm f/2.8 T4.5 yang diperkenalkan oleh MINOLTA pada tahun 1999. Setelah MINOLTA di-akuisisi oleh SONY pada tahun 2006 atau 11 tahun yang lalu lensa MINOLTA ini berganti nama menjadi SONY.


Gambar berikut ini adalah lensa 135 f/2.8 STF MINOLTA


Minolta-STF-03


Gambar berikut ini adalah lensa 135 f/2.8 STF SONY


SONY DSC

Bisa di lihat kedua lensa tersebut di atas MINOLTA dan SONY adalah identik atau sama. Setelah sekian lama sejak 1999, pada tahun 2017 keluarlah keluarga baru STF dengan menggunakan focal lenght 100 mm.


15934


Mari kita bahas satu demi satu, apakah itu STF / smooth trans focus ?


Lensa unik ini telah secara khusus dirancang untuk memberikan transisi halus antara area di-fokus dan latar belakang defocused creamily dan daerah latar depan.Transition Focus (STF) optik yang halus akan menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi pada bidang fokus, melebar secarahalus dan lembut serta tersebar di luar fokus rendition.


Menggunakan filter apodisasi (apodized) yang menyediakan efek bokeh berkualitas tinggi, filter ini sudah dirancang di dalam lensa. Lensa tidak soft lens-focus.


STF Formula

SONY DSC

Apodisasi adalah proses yangbekerja seperti sebuah "filter NDyang meningkatkan kepadatan cahaya dari tengah menuju tepi (VIGNETTE)".


Lensa menawarkan dua diafragma terpisah; satu sembilan berbilah diafragma melingkar, dikendalikan oleh kamera ketika lensa diatur ke mode auto ( "A"), dan satu sebelas-berbilah diafragma lingkaran sempurna, yang dikendalikan oleh lensa 'cincin aperture ketika diatur ke manual setting T4.5 sampaiT6.7.


photo_2 Bildschirmfoto-2017-02-17-um-20.34.52

Bokeh yang dihasilkan sangat lembut sekali , hal ini dikarenakan lensa tersebut memiliki 2 diafragma yang mana satu difragmanya berfungsi sebagai filter apodized.


135stfapp


Jika Anda khawatir bahwa desain STF ini akan menghasilkan vignette, SONY mengatakan bahwa lensainimemastikan bahwa vignetting sangatminimum.


Lensa mendukung kontras AF dan focal-plane deteksi fase AF2, dan fitur sistem autofocus super Sonic Motor (SSM) SONY, Optical SteadyShot (OSS) stabilisasi, dan built-in fungsimakro yang memungkinkan sebanyak 0,25x close-up.


Adapun perkiraan harga untuk lensa ini adalah antara $1500 - $2000. Lensa ini sangat layak ditunggu dengan keindahan bokeh nya yang sempurna menjadikannya lensa premium ini andalan para fotografer pernikahan.


 

 


Lihat Informasi Lainnya...