Hubungi Sentra Digital:

 

Mengenal lebih jauh tentang FILTER UV

Kategori : Photography Articles

 

Oleh Daniel Tjongari


Circular-Pro-II-MCUV-02

Ketika kita mendengar tentang UV (ultraviolet) dalam dunia fotografi, kita pasti berpikir mengenai Filter UV untuk melindungi lensa. Apakah hanya itu saja fungsi dari Filter UV ? Mari kita bahas dari awal.


Penting untuk memahami apa sinar UV itu. Spektrum cahaya yang tampak dimata kita adalah sinar merah ke sinar violet/ungu. Sinar merah memiliki panjang gelombang terpanjang dan sinar violet memiliki panjang gelombang terpendek. Cahaya dengan panjang gelombang lebih panjang dari warna merah disebut inframerah, sedangkan cahaya dengan panjang gelombang lebih pendek dari warna violet disebut ultra violet atau UV.


Jadi fungsi Filter UV dapat disimpulkan sebagai berikut Filter yang dibuat untuk berfungsi memblok cahaya UV agar tidak terekam sensor. Selain itu fungsi lainnya adalah untuk melindungi lensa dari debu / kotoran, air, sidik jari atau goresan yang mungkin terjadi pada lensa kita.


Dalam masalah kualitas tentunya tiap merk Filter UV memiliki perbedaan bahkan ada yang benar-benar memberikan efek yang seusai.


Sebenarnya untuk lensa-lensa kelas profesional sudah dilengkapi dengan ANTI UV COATING tetapi untuk lensa-lensa kit / lensa kelas pemula ANTI UV COATING tidak memberikan efek yang sesuai. Sehingga dengan memberikan tambahan Filter UV yang benar akan menambahkan efek yang sesuai.


ED-LF67PT-25-0 copy

Kita bahas sedikit masalah yang timbul akibat Filter UV yang kurang berkualitas atau ANTI UV COATING pada lensa kelas pemula.


AgHoo copy




  1. Biasanya yang terjadi adalah gambar tidak tajam ini diakibatkan karena UV akan memunculkan efek ATMOSPHERIC HAZE yang berarti jumlah partikel debu dan asap di dalam kadar air kering membuat foto seakan-akan berkabut.

  2. Memungkinkan efek terjadinya FLARE atau bias cahaya akan memberikan efek yang buram pada area sekitar sumber cahaya.

  3. Apabila terkena percikan air maka permukaan filter akan meninggalkan bercak atau noda yang akan berdampak pada hasil foto.

  4. Setiap sidik jari manusia memiliki unsur minyak yang akan selalu meninggalkan jejak, jika permukaan lensa atau filter tersentuh sidik jari maka akan membekas seperti noda dan membuat gambar tidak akan tajam.

  5. Kualitas bahan kaca pada filter / lensa tidak memiliki unsur OPTICAL GLASS sehingga bisa berdampak pada adanya efek kekuningan atau kebiruan.


Dengan kemajuan teknologi COATING dan makin bagusnya penelitian terhadap jenis material kaca maka hal-hal tersebut dapat lebih dihindari, seperti yang ada pada Filter UV Haida yang sudah memiliki teknologi NANO COATING dan terbuat dari OPTICAL GLASS yang berkualitas.


pro mc coating haida

Nano Coating menghindari terjadinya noda air / kotoran dan sidik jari.


Filter UV Haida ini dijual dengan berbagai ukuran diameter yang sesuai dengan bermacam-macam ukuran lensa, untuk lebih jelasnya mengenai jenis, bentuk dan harganya dapat dilihat di Sentra Digital Online Store.


Sentra Digital Online Store juga menjual berbagai macam kebutuhan Anda di bidang photography dengan harga yang bersaing dan aman.

 


Lihat Informasi Lainnya...