Hubungi Sentra Digital:

 

Membaca Histogram Pada Hasil Foto

Kategori : Photography Articles

 

Oleh Daniel Tjongari


histogram-orange

Gambar di atas adalah histogram, sering kita lihat baik pada saat preview hasil foto di kamera ataupun pada saat editing di Photoshop, Lightroom, Capture One, Adobe Camera Raw ataupun program-program editing lainnya. Pertanyaannya adalah bagaimana membaca histogram ini dan seberapa pentingnya-kah histogram ini dalam dunia fotografi ?


Histogram itu adalah sebuah grafik yang menghitung dan menunjukkan jumplah pixel yang ada antara tone hitam dan tone putih atau grafik yang menunjukkan pada kita mengenai informasi foto dalam file di skala terang ke gelap. Pada sisi kira pada warna hitam (RGB 0,0,0) dan sisi kanan pada warna putih (RGB 255,255,255). Jadi pada saat melihat grafik histogram ini kita melihat seberapa banyak pixel berada pada warna hitam, abu-abu hingga menuju ke warna putih.


Mengenal-Histogram


Fitur histogram sangat berperan dalam mengevaluasi ketepatan eksposur, namun untuk itu kita perlu bisa memahami makna dari grafik yang ditampilkan melalui histogram.


Salah satu kelebihan Histogram adalah bahwa meski dengan layar kecil LCD yang ada pada kamera, Sobat bisa memeriksa kembali atau me-review hasil foto kalian, dan melakukan perubahan pengaturan kamera jika histogram memberikan informasi bahwa hasil foto terlalu gelap atau terang. Seperti yang kita tahu bahwa ukuran LCD kamera relatif kecil untuk melihat hasil foto kita, dan sering kali kita pulang dan menemukan hasil foto underexposure maupun overexposure ketika melihat kembali pada layar komputer yang ukurannya lebih besar dari LCD kamera.


Tiap-tiap hasil foto memiliki histogram yang berbeda-beda, meskipun dua orang fotografer memotret sebuah object yang sama. Apakah histogram memiliki ketentuan khusus sehingga sebuah foto bisa dianggap sempurna ? Jawabnya adalah tidak, tetapi histogram memiliki paduan untuk kita agar lebih mudah memahami hasil akhir sebuah foto dan apakah foto yang ingin kita abadikan sudah memiliki exposure yang tepat.


Screen Shot 2016-09-28 at 10.46.30 PM


Gambar di atas adalah panduan untuk menilai hasil sebuah foto melalui histogram, sehingga pada saat kita melakukan pemotretan kita sudah bener-benar bisa mendekatkan hasil foto dengan keadaan yang ideal bukan semata-mata kemudahan editing di dalam software editing.


Histogram yang underexposed, dalam kasus gambar dibawah menunjukan banyak jumlah pixel dengan nilai 0, yang berarti terlalu gelap atau underexposed, sehingga ada beberapa detail juga hilang. Kecuali ada kasus lain yang memang benar-benar ada warna hitam pekat, yg juga merupakan detail dari objek tersebut.


Histogram yang overexposed, dalam kasus gambar dibawah menunjukkan banyak jumlah pixel dengan nilai 255 atau mendekati 255, yang berarti foto terlalu terang atau overexposed, sehingga banyak sekali detail yang hilang terutama di pakaiannya.


Histogram yang contrast, dalam kasus dibawah ini warna yang overexposed dan underexposed bergabung jadi satu, biasanya histogram yang menunjukan contrast.


Histogram yang warnanya suram (dull/haze), sebenarnya kalau diperhatikan dalam gambar dibawah tidak ada warna yang benar-benar hitam dan putih, meskipun memang rambutnya kelihatan hitam tapi kalau di ukur menggunakan eyedropper tidak akan mendapatkan nilai 0 (hitam pekat).


Histogram yang sempurna, sebenarnya saya tidak berani bilang kalau ini foto yang sempurna, tapi kalau dibandingkan dari yang lain menurut saya ini yang terbagus dan juga histogramnya pun juga mengatakan tidak ada yang over, under, contrast ataupun suram.


contoh


Diatas adalah contoh histogram yang diwakili oleh masing-masing hasil foto. Contoh di atas tidak menyatakan bahwa hasil foto yang terjadi salah atau benar, karena foto bersifat selera akan tetapi pendekatan yang benar akan menghasilkan sebuah foto yang lebih indah.


Jadi pada dasarnya tidak ada histogram yang dianggap benar atau standar karena grafik histogram akan selalu tidak sama dan tergantung kondisi gambar yang diwakilinya. Namun sebagai perbandingan, sebuah gambar yang memiliki detail dan kontras yang tinggi serta tidak mengalami underexposed atau overexposed akan memiliki bentuk grafik yang menyebar dari daerah gelap hingga daerah terang dengan puncak yang tidak mengalami titik putih yang berlebihan / clipping. Gunakan informasi yang ditampilkan melalui histogram sebagai sarana mengevaluasi exposure dan mengetahui adakah ada daerah yang clipping dari sebuah foto.

 


Lihat Informasi Lainnya...