Hubungi Sentra Digital:

 

Memahami Tehnik Dasar Pencahayaan atau Lighting

Kategori : Photography Articles

 

Oleh Daniel Tjongari


studioSeperti yang kita ketahui bersama bahwa fotografi itu adalah sebuah tehnik melukis dengan cahaya, atau dengan kata lain kita bermain-main dengan cahaya, memiliki cahaya yang semakin bagus maka potensi memiliki foto bagus akan semakin besar kemungkinannya. Oleh karena itu cahaya adalah sebuah komponen yang paling penting bagi seorang fotografer.


Fotografer yang berpengalaman akan selalu mempertimbangkan arah cahaya, baik itu cahaya alami atau cahaya buatan. Kualitas cahaya ini sendiri sangat beragam, baik itu cahaya matahari atau cahaya dari lampu-lampu atau benda yang berpijar dan menghasilkan cahaya. Kualitas cahaya matahari tergantung pada jam dan posisi matahari, misalnya cahaya matahari pagi beda dengan cahaya matahari sore.


Arah CahayaHal terpenting dalam melihat kualitas cahaya adalah kesimbangan antara highlight dan shadow, karena hal ini terjadi berdasarkan dari arah cahaya itu sendiri.


Front Light, adalah posisi cahaya berada di depan objek, sehingga pada bagian depan objek akan mendapat cahaya penuh.


Oval Light, adalah posisi cahaya berada pada 3/4 objek, sehingga akan terdapat sedikit bayangan pada bagian belakang objek.


Side Light, adalah posisi cahaya berada pada sisi samping dari objek, sehingga bayangan dan terang objek akan terbagi menjadi dua, bagian terang dan bayangan akan berada pada posisi yang berlawanan.


Rim Light, adalah posisi cahaya berada bagian belakang dengan posisi sudut 1/4 objek, sehingga pada bagian depan objek akan gelap dan akan timbul garis cahaya pada tepian objek.


Back Light, adalah posisi cahaya tepat pada bagian belakang objek sehingga sisi depan objek menjadi gelap dan tercipta garis-garis cahaya pada bagian belakang objek secara tegas.


Jenis Arah Cahaya


Foto-foto di atas saya abadikan dari beberapa lokasi dengan arah cahaya yang berbeda-beda. Sengaja saya sajikan dalam hitam putih agar lebih mudah menggambarkan cahaya dalam artian gelap terang atau highlight shadow.


Di dalam fotografi kita mengenal 3 jenis sumber cahaya, yaitu:


Available Light

Cahaya yang telah tersedia secara alami di lingkungan sekitar. Kita sebagai fotografer tidak bisa mengatur besar-kecil serta arah penyinaran cahaya tersebut. Seperti matahari, lampu kota, lampu panggung, lampu ruangan. Istilah ini sering disebut juga Ambient light.


Artificial Light

Cahaya yang sengaja kita buat ketika kita sedang membuat sebuah gambar foto. Sebagai fotografer kita bisa mengatur besar-kecil serta mengubah arah penyinaran dari cahaya tersebut. Seperti lampu studio, flash/ lampu kilat, senter.


Mix Light


Sebagai penggemar fotografi maupun fotografer profesional, terkadang kita perlu untuk menggabungkan dua jenis sumber cahaya tersebut kedalam sebuah foto. Kita bisa menggabungkan beberapa available light misalnya sinar matahari dengan lampu ruangan), dan juga menggabungkan beberapa artificial light misalnya lampu studio dengan flash dan available light dengan artificial light (lampu kota dengan lampu kilat).


Jenis Sumber Cahaya


 


Lihat Informasi Lainnya...